ALIF Targetkan Pembiayaan Rp. 1,28 Triliun

PT Al Ijarah Indonesia Finance (ALIF) menargetkan pembiayaan syariah sebesar Rp. 1,28 triliun. Perinciannya, Rp400 miliar berasal dari pembiayaan motor, Rp605 miliar pembiayaan mobil sedangkan sisanya yakni Rp275 miliar dari pembiayaan komersial dan elektronik.

Presiden Direktur ALIF Iman Pribadi mengaku optimistis bisa merealisasikan target tersebut. Apalagi pada tahun ini perseroan telah menjalin kerjasama sebagai co branding antara Nissan dengan KKM iB Muamalat. “Nissan merupakan produk terkemuka. Memiliki jaringan penjualan dan purna jual yang baik dan tersedia di seluruh Indonesia,” jelas dia kepada wartawan (22/3) di Jakarta.

Dia menjelaskan ada beberapa alasan mengapa pihaknya menjalin kerjasama itu. diantaranya segmen merk nissan sesuai dengan segmen dari nasabah Bank Muamalat yang merupakan induk ALIF. Selain itu, sebagai dukungan terhadap program pemerintah terhadap produk kendaraan dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan.

Selain itu, pada tahun ini, Al Ijarah berencana memperluas produk pembiayaan untuk perlengkapan rumah tangga (furniture dan elektronik) dan pembiayaan multiguna. Perseroan juga tengah menjajaki untuk pembiayaan griya. Dimana keseluruhan pembiayaan Al Ijarah diutamakan dalam mendukung pembiayaan produk-produk  hemat energi dan ramah lingkungan.

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, Indonesia merupakan peluang pasar sangat bagus bagi bisnis lembaga keuangan syariah. Diharapkan dalam 5-6 tahun mendatang, lembaga keuangan syariah bisa menyumbang lebih dari 10%. Apalagi, dukungan pemerintah dalam regulasi ke bisnis syariah juga mengalami peningkatan. Misalkan saja, rencana regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyesuaikan DP yang lebih kompetitif bagi produk pembiayaan otomotif syariah.

Selain itu, produk syariah itu sendiri sangat cocok bagi konsumen masyarakat umum di Indonesia. Selain transparan, juga non ribawi dan mengusung konsep bagi hasil yang menguntungkan konsumen. ALIF mmiliki jaringan penjualan dan pelayanan di 21 kantor cabang yang tersebar dari Sumatera sampai dengan Sulawesi. (her)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS