SMI Siapkan Unit Usaha Syariah

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) tengah  mempersiapkan Unit Usaha Syariah (UUS). Unit usaha ini direncanakan  beroperasi pada Semester II 2016 dan akan siap memperkaya skema produk pembiayaan bagi proyek pembangunan infrastruktur sesuai dengan prinsip syariah.

Corporate Secretary PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Astried Swastika, mengatakan hal ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya Pemerintah. Memaksimalkan sumber-sumber dana lain seperti dana-dana syariah dari dalam dan luar negeri yang bertenor relatif panjang untuk pembangunan infrastruktur. 

"Dana syariah dimaksud antara lain berupa dana haji, dana asuransi syariah, dana pasar modal syariah, dana syirkah multilateral, sovereign wealth fund, dan lain-lain," jelas dia dalam keterangan tertulisnya.

Melalui UUS akan tersedia pilihan skema pendanaan bagi entitas-entitas yang memerlukan pembiayaan dan tentunya dapat membantu mengurangi terjadinya asset liability mismatch bagi industri keuangan syariah. Keberadaan PT SMI sebagai katalis pembangunan infrastruktur Indonesia menjadi lebih optimal, dengan produk skema pembiayaan dan pendanaan yang semakin lengkap dan beragam.

PT SMI, BUMN di bawah koordinasi Kementerian Keuangan, terus berpacu mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Sampai dengan akhir Mei 2016 PT SMI sudah mencatatkan komitmen pembiayaan infrastruktur sebesar Rp30,1 triliun, untuk membiayai proyek bernilai total Rp118,7 triliun (menciptakan mutliplier effect sebesar 3,94 kali). Nilai komitmen ini meningkat signifikan jika dibandingkan dengan nilai 2015. Sebagai  perbandingan sepanjang 2015 komitmen yang berhasil dibukukan PT SMI adalah sebesar Rp13 triliun. (her)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS