Kemitraan Strategis IDB- Indonesia Diharapkan Terus Meningkat

Islamic Development Bank (IDB) Group berharap kemitraan strategis dengan Indonesia dalam lima tahun ke depan mencapai hampir USD5 miliar. Untuk saat ini, volume operasi yang disetujui IDB Group untuk Indonesia hampir senilai USD4,2 miliar. Termasuk kontribusi pembiayaan proyek-proyek pembangunan yang penting di sektor-sektor seperti pendidikan, kesehatan, transportasi, komunikasi, industri, pertambangan, pembangkit listrik, pertanian, pasokan air, pedesaan pengembangan dan perbankan syariah. Serta pembiayaan operasi perdagangan antara Indonesia dan negara-negara anggota IDB lainnya sejalan dengan upaya IDB Group untuk meningkatkan volume perdagangan intra antara negara-negara anggota.

Ketua IDB Group,  Ahmad Mohamed Ali mengatakan, IDB berfokus pada kemitraan strategis bagi Indonesia untuk mendukung pengembangan perbankan syariah, proyek sektor swasta dan program serta keuangan mikro. Dia juga menyebutkan dukungan IDB untuk rencana Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan berikutnya Arab Coordination Group di Jakarta. "Ini akan meningkatkan investasi dan hubungan ekonomi antara Arab Coordination Group dan Indonesia dan lebih mempromosikan kerjasama negara dengan dunia Arab," jelas dia saat bertemu dengan Presiden Jokowi seperti dilansir oleh isdb.org.

Dia juga menyebutkan pentingnya mengaktifkan Kamar Dagang Arab-Indonesia yang bisa memfasilitasi investasi bersama antara negara-negara anggota IDB dan Indonesia. Juga pentingnya kerjasama Selatan-Selatan dan peran Indonesia. Serta kesediaan IDB Group bekerja sama dengan Indonesian Center for Afro Asian Cooperation untuk membangun kapasitas di negara-negara anggota IDB.

Sementara Presiden Jokowi mengaku kerjasama yang telah terjadi sangat bermanfaat dan konstruktif. Dia berharap, operasi IDB Group di Indonesia bisa terus meningkat. Sehingga meningkatkan hubungan yang ada di berbagai arena ekonomi dan sosial. Presiden Widodo menekankan pentingnya mendukung proyek infrastruktur dan proyek-proyek pertanian dalam rangka rencana pembangunan Indonesia. " Pertemuan Tahunan ke-41 Dewan Gubernur IDB di Jakarta selama 18-19 Mei 2016, akan mewakili perwujudan dari hubungan baik antara Indonesia dan IDB Group," tutur dia. (her)

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS