Panitia FREKS IV 2015 Terima 158 Paper

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dan Universitas Brawijaya mengadakan kegiatan Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) IV Tahun 2015.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida, kegiatan ini merupakan wadah bagi para akademisi, praktisi, regulator dan masyarakat untuk berkontribusi ide, gagasan dan kritik yang membangun dalam pengembangan industri keuangan syariah khususnya pasar modal syariah.

Pelaksanaan kegiatan FREKS dilakukan dalam bentuk call for paper. Sampai dengan batas waktu yang ditentukan panitia telah menerima 158 paper yang kemudian di seleksi oleh tim reviewer dan tim juri menjadi 12 paper finalis yang terdiri dari 6 paper peneliti madya dan 6 paper peneliti muda yang akan dipresentasikan dalam kegiatan ini. Selanjutnya, akan dipilih 3 paper peneliti madya terbaik dan 3 paper peneliti muda terbaik sebagai pemenang FREKS tahun ini.

Penyelenggaraan kegiatan FREKS ini merupakan salah satu implementasi dari pencanangan tahun 2015 sebagai tahun pasar modal syariah. Selain FREKS,  beberapa tonggak kegiatan penting yang telah dilakukan selama tahun 2015 antara lain Peluncuran Logo dan Tagline Pasar Modal Syariah,

Penerbitan Roadmap Pasar Modal Syariah tahun 2015 – 2019 serta berbagai kegiatan dalam rangkameningkatkan awareness dan utilitas masyarakat terhadap pasar modal syariah seperti kegiatan outreach kepada organisasi masyarakat keagamaan, pondok pesantren, akademisi dan masyarakat umum, serta recycling program pasar modal syariah kepada pelaku pasar berupa workshop pendalaman penerbitan produk syariah. (her)