Indonesia Berpotensi Menjadi Pusat Keuangan Syariah Global

Indonesia merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Saat ini sedang mengambil tindakan, baik di tingkat lokal maupun internasional untuk menjadi pemain utama di pasar keuangan Islam global.Demikian disarikan dari penelitian yang dilakukan K&L Gates sebuah konsultan yang dipublikasikan pada 14 Maret 2016.

Ditingkatan lokal, pemerintah telah mengumumkan rencana merubah peraturan untuk mempromosikan keuangan syariah dan mendirikan bank syariah yang dikelola negara. Strategi itu untuk mengembangkan potensi negara sebagai pusat keuangan Islam di Asia Tenggara.

Ditingkat internasional, Indonesia mengambil langkah bermitra dengan China, negara-negara dari Timur Tengah dan Turki untuk membentuk lembaga pembiayaan pembangunan multilateral. Tujuannya memperkuat hubungan dengan pemain keuangan syariah global juga investor, serta mendapatkan pembiayaan infrastruktur selama lima tahun ke depan.

Jika strategi tersebut bisa direalisasikan sesuai harapan, Indonesia dapat memainkan peran yang lebih menonjol dalam keuangan Islam global, berpotensi menarik investor mendanai proyek-proyek masa depan. (her)