KONSULTASI KEUANGAN SYARIAH

Jika Anda tengah membuat perencanaan keuangan dengan mengacu pada prinsip-prinsip Syariah, baik untuk pribadi, institusi, korporasi, dan sebagainya. Anda ingin bertanya seputar topik tersebut, silakan berkonsultasi dengan SyariahFinance.com

Rubrik ini diasuh oleh QM Financial.

QM FINANCIAL

Phone : 021-293 294 08 / 09

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Menghitung Dana Pensiun untuk Pegawai

Dear Syariah Finance,

Saat ini sekolah kami sedang mengasunransikan 14 orang guru untuk dana pensiun. September tahun ini pembayaran premi tahun ke 3 dan kami akan mengikuti asuransi ini sampai tahun ke 10. Dana keseluruhan yg kami terima pada akhir masa kontrak premi kurang lebih 500 juta. Apakah bisa dengan dana Rp500 juta itu kita depositokan dan pada akhirnya dana tersebut kita bagi ke total 45 orang karyawan kita untuk dana pensiun mereka dengan pembagian masa kerja, jenjang pendidikan dan kinerja. Terima kasih.

Wassalam

Dwi - Cibubur

 

Dear Ibu Dwi,

Berdasarkan informasi yang diberikan, tidak tersedia cukup data untuk saya bisa menghitung kecukupan dana pensiun untuk dibagikan kepada 45 orang karyawan. Perhitungan dana pensiun relatif lebih rumit dari perhitungan tujuan finansial lainnya karena pada perhitungan dana pensiun, selain jangka waktu, dana yang dibutuhkan juga harus disesuaikan dengan faktor inflasi pada usia pensiun dan rentang waktu ketersediaan dana pensiun untuk masing-masing karyawan. Selain itu, skema pembagian dana pensiun Perusahaan tentunya juga akan sangat mempengaruhi perhitungan

Sebagai contoh, menyiapkan dana pensiun untuk seseorang yang berusia 40 tahun dengan kebutuhan hidup Rp2 juta/bulan harus menghitung bahwa pada usia 55 tahun, atau 15 tahun lagi, kebutuhan Rp2 juta sebulan dengan asumsi inflasi 6% per tahun akan menjadi Rp4,8 juta/bulan. Agar dana pensiun tersebut dapat bertahan hingga usia orang tersebut 70 tahun (asumsi usia harapan hidup), maka pada usia 55 tahun, dibutuhkan dana sebesar  Rp851 juta.

Oleh karena itu yang dapat saya lakukan adalah memberi ilustrasi besarnya dana yang ada jika 10 tahun yang akan datang tersedia dana sebesar Rp500 juta dan kemudian dana tersebut didepositokan dengan asumsi bunga sebesar 7% per tahun tanpa penarikan dana beserta bunganya. Pada awal tahun ke 11, akan tersedia dana sebesar Rp535 juta.

Namun sebagai pembanding, saya memberikan data tambahan, yaitu kolom Nilai Sekarang (Inflasi 6% per tahun) yang artinya, jika dinilai dengan daya beli saat ini, dana sebesar Rp535 juta dengan 11 tahun yang akan datang sama nilainya dengan Rp279 juta hari ini. Tentunya, jika terjadi penarikan dana pensiun di tahun ke-11, maka hasil pengembangannya di tahun ke 12 akan kurang dari angka yang digambarkan pada tabel di bawah ini.

Pelajari produk yang Anda gunakan dengan seksama. Idealnya, produk keuangan melayani tujuan Anda, bukan sebaliknya. Sehingga pastikan produk yang Anda gunakan sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Hitung skema dana pensiun yang Anda gunakan untuk ke 45 karyawan Anda dan bandingkan apakah produk yang Anda gunakan nantinya dapat memenuhi skema tersebut. Jika tidak, ada baiknya Anda membandingkan atau beralih ke produk keuangan lainnya.