Saham Puradelta Lestari Masuk DES

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan Keputusan Dewan Komisioner OJK terkait dengan penetapan efek syariah. Yaitu, Keputusan Nomor: KEP-30/D.04/2015 tentang penetapan saham PT Puradelta Lestari Tbk sebagai efek syariah.

Menurut Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK, M Noor Rachman, dengan dikeluarkannya Keputusan Dewan Komisioner OJK tersebut, maka efek tersebut masuk ke dalam Daftar Efek Syariah (DES). "Dikeluarkannya keputusan adalah sebagai tindak lanjut dari hasil penelaahan OJK terhadap pemenuhan kriteria efek syariah. Atas pernyataan pendaftaran yang disampaikan oleh PT Puradelta Lestari Tbk," terang dia dalam keterangannya.

Sumber data yang digunakan sebagai bahan penelaahan. Berasal dari dokumen pernyataan pendaftaran serta data pendukung lainnya. Berupa data tertulis yang diperoleh dari emiten maupun pihak-pihak lainnya yang dapat dipercaya.

Secara periodik OJK akan melakukan review atas Daftar Efek Syariah. Berdasarkan laporan keuangan tengah tahunan dan laporan keuangan tahunan dari emiten atau perusahaan publik. Review atas Daftar Efek Syariah juga dilakukan apabila terdapat emiten atau perusahaan publik yang pernyataan pendaftarannya telah menjadi efektif dan memenuhi kriteria efek syariah. Atau perusahaan publik yang dapat menyebabkan terpenuhi atau tidak terpenuhinya kriteria efek syariah.

PT Puradelta Lestari (Deltamas) bergerak dalam bidang pembangunan perumahan dan fasilitas-fasilitasnya, rumah-toko (ruko) termasuk infrastruktur dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya, serta menjual dan menyewakan bangunan tersebut; dan bidang pembangunan dan pengusahaan kawasan industri (Industrial Estate) beserta fasilitas-fasilitas penunjangnya.

Untuk diketahui, sebelum penawaran umum perdana, saham PT Puradelta Lestari (Deltamas) dimiliki oleh AFP International Capital Pte. Ltd sebesar 45,97%, Fame Bridge Investments Ltd (25,00%), Sojitz Corporation (25,00%), Jermina Limited (2,74%) dan PT Sumber Arusmulia (1,29%). Adapun Sinarmas Land Ltd, memiliki langsung 100% saham AFP International Capital Pte. Ltd dan memiliki secara tidak langsung 100% saham Jermina Limited dan PT Sumber Arusmulia.

Rencana penggunaan dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya terkait emisi saham akan digunakan, antara lain: 1) sekitar 60% untuk pembangunan infrastruktur dan properti investasi di kawasan Kota Deltamas; 2) sekitar 30% untuk pembebasan lahan di Kabupaten Bekasi; dan 3) sisanya sekitar 10% digunakan untuk modal kerja. (her)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS