Waran Belum Dikonversi Panin Syariah Capai 848,72 Juta Unit

Jumlah waran seri I yang belum dikonversi pasca pelaksanaan Initial Public Offering (IPO) PT Bank Panin Syariah Tbk (PNBS) mencapai 848.725.700 unit.Untuk diketahui, jumlah waran yang diterbitkan pada saat IPO mencapai 950.000.00 unit.

Berdasarkan keterbukaan informasi perseroan kepada PT Bursa EFek Indonesia (BEI) diketahui, pada Juli 2015, terdapat 30.000 konversi waran menjadi saham. Dengan demikian, jumlah waran yang belum dikonversi menjadi saham sampai dengan 31 Juli sebanyak 848,72 juta waran.

Perinciannya, konversi waran dilakukan pada 28 Juli sebesar 30.000 waran senilai Rp3,3 juta. Dengan adanya pelaksanaan waran menjadi saham tersebut. Maka jumlah saham PT Bank Panin Syariah yang telah diterbitkan sampai dengan pelaksanaan waran tersebut sebesar 9,85 miliar saham.

Untuk diketahui, Waran adalah salah satu instrumen derivatif di pasar finansial yang cukup penting. Pemegang waran memiliki HAK (rights) untuk memesan suatu efek (saham atau obligasi) terlebih dahulu pada exercise price dibandingkan dengan mereka tidak memilikinya.

Dengan demikian, pemilik waran mempunyai hak membeli efek (sekuritas) sesuai dengan emiten yang menerbitkannya pada periode dan tanggal tertentu, dengan harga tertentu, dalam jumlah tertentu. Pemilik waran tidak dibebani kewajiban apapun dalam transaksi sahamnya. Waran sering disebut anak saham oleh para praktisi pasar modal.

Sementara, komposisi kepemilikan saham PT Bank Panin Syariah per 31 Juli adalah, PT Bank Panin Tbk sebesar 51,98%, Dubai Islamic Bank 24,64% dan publik 23,38%.(her)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS