NAB Reksa Dana Syariah Per September Rp10,10 Triliun

 

Kinerja pasar modal yang cenderung berfluktuasi menyebabkan perkembangan reksa dana syariah per September cenderung melemah bila dibandingkan dengan Agustus. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK),total nilai aktiva bersih (NAB) reksa dana syariah per September sebesar Rp10,10 triliun. Capaian itu sedikit lebih rendah dari kinerja Agustus Rp10,83 triliun.

Berdasarkan data OJK per September, jenis reksa dana pasar uang memiliki 10 reksa dana syariah dengan NAB sebesar Rp932,18 miliar. Reksa dana saham dengan 25 reksa dana syariah memiliki NAB Rp4,87 triliun. Reksadana pendapatan tetap dengan 12 reksa dana syariah memiliki NAB Rp557,06 miliar.

Selanjutnya, reksa dana campuran dengan 18 reksa dana syariah memiliki NAB sebesar Rp1,62 triliun. Reksa dana terproteksi dengan 18 reksa dana syariah dengan NAB sebesar Rp1,33 triliun. Reksa dana indeks dengan satu reksa dana dan NAB sebesar Rp227,35 triliun. Setelah itu, reksa dana ETF dengan NAB sebesar Rp568,56 miliar.

Secara total NAB reksa dana sebesar Rp252,68 triliun sehingga persentase NAB reksa dana syariah sekitar 4%. Persentase tersebut sedikit turun bila dibandingkan dengan Agustus. Dimana sumbangan NAB reksa dana syariah terhadap total NAB sebesar 4,23%.

Hal ini kemungkinan juga disebabkan tidak adanya produk reksa dana syariah baru yang masuk ke pasar. Padahal, produk reksa dana konvensional baru yang masuk ke pasar di September bertambah lima produk. (her)
  

 

 

 

 

 

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS