Saham Atmindo Masuk Efek Syariah

@2015, atmindoboiler.com

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan terkait dengan penetapan Efek Syariah yaitu tentang penetapan saham PT Ateliers Mecaniques D'Indonessie Tbk (Atmindo) sebagai Efek Syariah.

"Dengan dikeluarkannya Keputusan Dewan Komisioner OJK tersebut, maka Efek tersebut masuk ke dalam Daftar Efek Syariah sebagaimana Keputusan Dewan Komisioner OJK terkait," jelas Deputi Komisioner Pasar Modal II OJK M Noor Rachman dalam keterangannya.

Dikeluarkannya keputusan tersebut adalah sebagai tindak lanjut dari hasil penelaahan OJK terhadap pemenuhan kriteria Efek Syariah atas Pernyataan Pendaftaran yang disampaikan oleh PT Ateliers Mecaniques D'Indonessie Tbk. Sumber data yang digunakan sebagai bahan penelaahan berasal dari dokumen Pernyataan Pendaftaran serta data pendukung lainnya, berupa data tertulis  yang diperoleh  dari Emiten, maupun dari pihak-pihak lainnya yang dapat dipercaya.

Secara periodik, OJK akan melakukan review atas Daftar Efek Syariah berdasarkan Laporan Keuangan Tengah Tahunan dan Laporan Keuangan Tahunan dari Emiten atau Perusahaan Publik. Review atas Daftar Efek Syariah juga dilakukan apabila terdapat Emiten atau Perusahaan Publik yang Pernyataan Pendaftarannya telah menjadi efektif dan memenuhi kriteria Efek Syariah, atau apabila terdapat aksi korporasi, informasi, fakta dari Emiten atau Perusahaan Publik yang dapat menyebabkan terpenuhi atau tidak terpenuhinya kriteria Efek Syariah.

Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Ateliers Mecaniques D’Indonesie atau disingkat PT Atmindo dilakukan oleh Panin Sekuritas Tbk (PANS) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek. Jumlah Saham yang ditawarkan sebanyak 240.000.000 lembar dengan Nilai Nominal Rp100,- dan Harga Penawaran Rp128,- per saham.

Rencana penggunaan dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya terkait emisi saham akan digunakan, antara lain: sekitar 32% untuk memperkuat modal kerja dalam rangka pembuatan produk-produk boiler maupun auxiliary atas pesanan pelanggan dan sekitar 68% untuk pembayaran utang bank di HSBC.

PT Atmindo didirikan pada 24 Maret 1972. Kantor pusat berlokasi di Jalan Sei Belumai Km. 2,4 No.30‐38, Desa Dagang Kelambir, Kec. Tanjung Marowa, Kab. Deli Serdang 20362, Sumatera Utara dan memiliki 3 kantor cabang yaitu di Pekan Baru, Samarinda dan Jakarta yang berfungsi sebagai kantor pemasaran.

Ruang lingkup kegiatan usah PT Atmindo adalah bergerak dalam bidang industri mesin-mesin / alat pengolah kelapa sawit dan karet, industri water tube boiler, industri pembuatan package boiler dan quick doors for sterilizers, serta pemasarannya. Kegiatan utama PT Atmindo, antara lain, produksi boiler (suatu alat untuk memproduksi uap atau steam). Jenis-jenis boiler yang diproduki, meliputi: Water Tube Boiler – Solid Fuel Membran Wall Boiler, Water Tube Boiler – Solid Fuel Brick Wall Boiler, Combi Boiler – Solid Fuel Boilers, Fire Tube Boiler, Horizontal Sterilizer, Vertical Sterilizer dan Sterilizer Door.

Kemudian, produksi auxiliary (perangkat pelengkap Boiler yang diproduksi berdasarkan pesanan pelanggan untuk berbagai industri), yang terdiri dari Economizer, Air Preheater, Superheater dan Dust Collector. Serta Jasa layanan perawatan dan perbaikan boiler, diantaranya yaitu Reparasi Boiler, Supply Parts Boiler, Service Contract dan Modification & Up Grade Boiler.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Atmindo dimiliki oleh Sphere Corporation, Sdn., Bhd. (73,00%), Chong Kim Kong (13,00%), Chong Kim Leong (9,00%) dan Rudi Susanto (5,00%). (her)



BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS