Inilah Jadwal Festival Pasar Modal Syariah 2016

Agar masyarakat semakin mengenal pasar modal syariah dan produk-produknya, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), bersama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menyelenggarakan Festival Pasar Modal Syariah 2016. Pameran ini diselenggarakan sejak Rabu (30/3) sampai dengan Sabtu (2/4).

Festival Pasar Modal Syariah 2016 yang mengundang masyarakat luas di Jabodetabek ini mengambil tempat di Lobby dan Main Hall Gedung BEI Jakarta. Pameran ini akan mengangkat tema ‘Yuk Nabung Saham Syariah’ yang merupakan bagian dari rangkaian kampanye nasional ‘Yuk Nabung Saham’ dan dilatarbelakangi dengan kondisi masyarakat Indonesia yang sampai saat ini masih memiliki paradigma saving society namun memiliki kemampuan untuk mulai berinvestasi.

Direktur Pengembangan BEI, Nicky Hogan, berharap melalui Festival Pasar Modal Syariah 2016 pemahaman calon investor tentang produk pasar modal syariah dapat tumbuh. Sehingga akan dapat meningkatkan minat dan keyakinan masyarakat tentang produk investasi pasar modal syariah yang berlanjut terhadap peningkatan jumlah investor lokal di pasar modal domestik.

Nicky menambahkan, melalui pameran ini, selain dapat langsung berinteraksi dan mengetahui produk pasar modal syariah, masyarakat juga dapat bertransaksi langsung produk-produk pasar modal syariah khususnya melalui booth sekuritas yang ada di Festival Pasar Modal Syariah 2016 yang menyediakan sistem online trading syariah. Masyarakat juga dapat mengunjungi booth perusahaan tercatat yang telah mendapatkan predikat saham syariah serta bank syariah yang menjadi bank kustodian bagi rekening dana nasabah. 

Pameran menghadirkan seluruh komunitas pasar modal Syariah, baik perusahaan tercatat penerbit saham syariah dan sukuk, manajer investasi, perusahaan efek, Bank Rekening Dana Nasabah sampai kepada portal investasi. Tercatat ada 44 perusahaan yang membuka booth di acara Festival Pasar Modal Syariah 2016 yang dapat dikunjungi oleh pengunjung dan di acara ini seluruh pelaku pasar dan investor pasar modal syariah juga hadir dan siap sharing pengalaman dengan pengunjung.

“Selain itu, selama empat hari penyelenggaraan pameran ini, masyarakat dapat mengikuti berbagai talkshow finansial dengan para ahli keuangan syariah dan juga dapat mendengarkan sharing pengalaman dari para selebriti terkait investasi di pasar modal,” ujar Nicky, Senin (28/3).

Beberapa tema talkshow yang dihadirkan dalam Festival Pasar Modal Syariah 2016 adalah “Pengembangan Pasar Modal Syariah Indonesia” oleh OJK dan DSN-MUI serta “Berbelanja Bijak di Supermarket Pasar Modal Syariah” oleh Indo Premier Securities dan Panin Sekuritas. Sejumlah selebriti yang menjadi pembicara dalam acara Festival Pasar Modal Syariah 2016 adalah Zee Zee Shahab yang akan membawakan talkshow dengan tema “Hijrah – Saving to Investing”. Lalu ada seminar “Merencanakan Keuangan secara Syariah” yang dibawakan pakar keuangan syariah Safir Senduk serta “Orang Tua Cerdas untuk Masa Depan Anak” yang akan dibawakan oleh Aidil Akbar dan Najeela Shihab. 

Menurut Nicky, Festival Pasar Modal Syariah 2016 terbuka untuk umum dan masyarakat bisa kapan saja langsung datang ke acara ini sejak jam 08.30 sampai dengan pukul 16.00. “Masyarakat tinggal datang saja, bisa juga bawa KTP jika ingin bertransaksi dan melakukan pembelian produk pasar modal syariah seperti saham maupun reksa dana,” tuturnya. (lan)

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS