Produk Investasi Syariah Tumbuh Signifikan

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan produk investasi syariah, khususnya produk pasar modal menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan.

"Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar untuk dapat menjadi pusat bagi perkembangan bagi produk investasi berbasis syariah baik di tingkatan global, maupun regional, " ujar Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Nicky Hogan, Jakarta, Senin (28/3).

Sampai dengan akhir tahun 2015, pertumbuhan pangsa pasar saham syariah lebih dominan dibandingkan dengan non syariah. Dari sisi produk, jumlah saham syariah tercatat sebanyak 318 saham atau 61% dari total kapitalisasi pasar saham Indonesia.

Catatan BEI, jumlah saham syariah di sepanjang tahun lalu telah meningkat 34% menjadi 318 saham dari sejak Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) diluncurkan pada 2011 silam yang berisi 237 saham.

Pertumbuhan jumlah investor saham syariah di Indonesia juga meningkat 76% walaupun jumlahnya per akhir 2015 masih baru mencapai 4.908 investor berdasarkan single investor identification (SID) atau sekitar 1% dari total investor saham yang jumlahnya sebanyak 434.443 SID. (lan)

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS