Pendidikan Ahli Syariah Pasar Modal Kerjasama Dengan DSN-MUI

Dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat perkembangan produk investasi berbasis syariah.

Tercatat perkembangan produk investasi syariah sampai dengan akhir tahun 2015 menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan dengan jumlah saham syariah sebanyak 318 saham atau 61% dari total kapitalisasi pasar saham Indonesia dan peningkatan jumlah investor saham syariah sebesar 76% dibandingkan data tahun 2011. 

Dengan adanya peningkatan kebutuhan atas  produk syariah pasar modal, perlu dilakukan penguatan di bidang sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang syariah pasar modal. Untuk itu, PT Indonesian Capital Market Electronic Library (TICMI) bersama-sama dengan Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama  Indonesia (DSN-MUI) berinisiatif bekerjasama menyelenggarakan pendidikan Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM) untuk mengisi kekurangan jumlah profesional yang memiliki kompetensi di bidang syariah pasar modal.

Saat ini pelaksanaan pemberian nasihat, pengawasan prinsip syariah pasar modal dalam kegiatan usaha perusahaan, serta pemberian opini mengenai kesesuaian terhadap prinsip syariah atas instrumen syariah pasar modal dilakukan oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) atau Tim Ahli Syariah (TAS) atas rekomendasi DSN-MUI. Didukung dengan dikeluarkannya Peraturan OJK Nomor 16/POJK.04/2015 yang mengatur pihak yang dapat memberikan nasihat dan melakukan pengawasan mengenai penerapan prinsip-syariah di pasar modal.

Diharapkan pendidikan Ahli Syariah Pasar Modal dapat meningkatkan profesional yang memiliki  sertifikasi Ahli Syariah Pasar Modal secara kuantitatif dan kualitatif, dan selanjutnya dapat berperan sebagai anggota Dewan Pengawas Syariah (DPS) atau Tim Ahli Syariah (TAS) di perusahaan penerbit produk syariah pasar modal. Diharapkan dengan perjanjian kerjasama tersebut dapat mendorong perkembangan syariah pasar  modal, menetapkan standarisasi persyaratan, serta menambah jumlah pihak yang berkompeten sebagai Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM) di Indonesia. (lan)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS