DJPPR Gelar Training Sukuk Negara di Malang

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) melaksanakan kegiatan Training for Trainers Sukuk Negara untuk pertama kalinya di Kota Malang. Acara ini merupakan terobosan baru dalam edukasi dan diseminasi informasi publik mengenai Sukuk Negara untuk menyelaraskan antara kebutuhan industri dengan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas di pasar keuangan syariah.

Kegiatan Training for Trainers Sukuk Negara perdana ini dilaksanakan pada Selasa, (19/4), di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Kota Malang, Jawa Timur. Peserta acara terdiri dari dosen Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Syariah beberapa perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur. Acara ini disambut antusiasme tinggi akademisi di Jawa Timur, terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 70 orang dari kuota awal 50 peserta.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Rektor UIN Malang Mudjia Rahardjo dan Sekretaris Jenderal IAEI Ibu Munifah Sanwani. Dalam sambutannya, Mudjia Rahardjo menyampaikan apresiasi atas terpilihnya UIN Malang sebagai pilot projects inisiatif Training for Trainers yang dilaksanakan Kemenkeu bekerja sama dengan IAEI dan berharap kegiatan ini dapat menjadi barometer kegiatan lainnya di masa depan. Rektor UIN Malang juga mengucapkan terima kasih atas alokasi pembiayaan dalam APBN 2016 yang disediakan untuk pembangunan gedung perkuliahan dan laboratorium Program Study Pendidikan Dokter di kampus UIN Malang melalui penerbitan Sukuk Negara dengan mekanisme project financing sukuk.

"Hal ini makin menunjukan manfaat nyata penerbitan Sukuk Negara bagi pembangunan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan," ujar dia.

Sekretaris Jenderal IAEI menyambut baik inisiatif pelaksanaan Training for Trainers sebagai bagian dari program edukasi publik Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko tahun 2016. Dengan program ini, IAEI berharap akan terjadi transfer of knowledge mengenai Sukuk Negara yang lebih luas terutama kepada para mahasiswa. Dalam proses ini, dosen peserta program Training for Trainers berperan penting sebagai agen penyebaran informasi Sukuk Negara di kampus masing-masing.

"Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan multiplier effect yang lebih luas bagi pengembangan keilmuan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia," kata dia.

Acara Training for Trainers di kampus UIN Malang ini menghadirkan pembicara dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko yang menyampaikan topik-topik mengenai Perkembangan Sukuk Negara, Sukuk, Prinsip dan Ketentuan Syariah,  Struktur Akad Sukuk Negara, dan Aspek Hukum Sukuk Negara. (lan)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS