DJPPR Gelar Training Sukuk Bagi Akademisi

Melanjutkan kesuksesan kegiatan Training of Trainers Sukuk Negara yang dilaksanakan di Kota Malang beberapa waktu lalu, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) kembali melaksanakan kegiatan Training of Trainers Sukuk Negara di Jakarta.

Acara Training of Trainers Sukuk Negara kali ini dilaksanakan di Auditorium Gedung Frans Seda, Kementerian Keuangan dan dihadiri oleh dosen Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Syariah beberapa perguruan tinggi di Jabodetabek.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Direktur Pembiayaan Syariah, Kementerian Keuangan dan Sekretaris Jenderal IAEI. Dalam sambutannya, Direktur Pembiayaan Syariah Sumito menyampaikan apresiasi atas minat para akademisi untuk mengikuti acara Training of Trainers Sukuk Negara ini.

Instruktur dari DJPPR dan PT Bank Maybank Indonesia Tbk tidak hanya sekedar menyampaikan aspek teoritis atau kontekstual, namun juga memberikan insight mengenai praktek keuangan syariah di lapangan. "Diharapkan peserta Training of Trainers Sukuk Negara dapat menjadi agen bagi Pemerintah dalam menyebarluaskan informasi mengenai Sukuk Negara ini kepada masyarakat luas,khususnya mahasiswa," ujar Suminto.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal IAEI menyampaikan bahwa Training of Trainers semacam ini akan meningkatkan wawasan para dosen mengenai praktek keuangan syariah yang dilaksanakan dan dapat meningkatkan kualitas pengajar keuangan syariah di kampus masing-masing.

Acara Training of Trainers Sukuk Negara ini menghadirkan pembicara dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko dan dari PT Bank Maybank Indonesia Tbk yang menyampaikan topik-topik mengenai Perkembangan Sukuk Negara, Peran Sukuk Negara dalam Pengembangan Industri Keuangan Syariah, Aspek Syariah Sukuk Negara, dan Aspek Hukum Sukuk Negara. Adapun bahan untuk Training of Trainers tersebut adalah Buku “Sukuk Negara: Instrumen Keuangan Syariah” yang disusun oleh Direktorat Pembiayaan Syariah, DJPPR dimana edisi kedua dari buku tersebut telah di launching oleh Menteri Keuangan pada acara Pembukaan Masa Penawaran Sukuk Ritel SR-008 bulan Februari 2016 yang lalu. (lan)

 

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS