Sukuk Mudharabah Maybank Indonesia Telah Dicatatkan di Bursa

Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Bank Maybank Indonesia Tahap II Tahun 2016 dan Obligasi Subordinasi Berkelanjutan II Bank Maybank Indonesia Tahap II Tahun 2016 yang diterbitkan oleh PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII) dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 13 Juni lalu.

Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Bank Maybank Indonesia Tahap II Tahun 2016 dan Obligasi Subordinasi Berkelanjutan II Bank Maybank Indonesia Tahap II Tahun 2016 yang dicatatkan terdiri dari:

a.    Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Bank Maybank Indonesia Tahap II Tahun 2016 (SMBNII01CN2) dengan total dana sebesar Rp700.000.000.000,- jangka waktu 3 tahun.

b.    Obligasi Subordinasi Berkelanjutan II Bank Maybank Indonesia Tahap II Tahun 2016 (BNII02SBCN2) dengan jumlah pokok sebesar Rp800.000.000.000,- jangka waktu 7 tahun.

Hasil pemeringkatan atas Sukuk Mudharabah dan Obligasi Subordinasi dari PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch) dan PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) adalah sebagai berikut:

a.    Sukuk Mudharabah

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo): idAAA(sy) (Triple A;Stable Outlook).

PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch): AAA(idn)

b.    Obligasi Subordinasi

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo): idAA (Double A;Stable Outlook)

PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch): AA(idn)

Bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Mega Tbk. Total emisi Obligasi dan Sukuk yang sudah tercatat sepanjang tahun 2016 adalah 23 Emisi dari 19 Emiten senilai Rp39,29 triliun.

Dengan pencatatan ini maka total emisi Obligasi dan Sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 285 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp269,81 triliun dan USD100 juta, diterbitkan oleh 101 Emiten. Surat Berharga Negara (SBN) tercatat di BEI berjumlah 94 seri dengan nilai nominal Rp1.609,05 triliun dan USD1.040 juta dan 5 EBA senilai Rp2,05 triliun.

”Kami menyambut baik minat pasar yang tinggi.  Keberhasilan penerbitan Sukuk Mudharabah akan mendukung pertumbuhan bisnis Unit Usaha Syariah yang makin meningkat,” kata Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria.  “Penerbitan Sukuk merupakan bagian dari komitmen kami untuk secara aktif ambil bagian dalam pembangunan keuangan Syariah di  Indonesia.  Penerbitan ini juga merupakan penerbitan Sukuk terbesar yang dilakukan lembaga keuangan di Indonesia," tambahnya.

Menurut Taswin, dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Sukuk Mudharabah ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan dipergunakan untuk mendukung pertumbuhan bisnis Unit Usaha Syariah Perseroan terutama untuk penyaluran pembiayaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Sukuk Mudharabah adalah PT Bahana Securities, PT Indo Premier Securities, PT Maybank Kim Eng Securities (terafiliasi) dan PT RHB Securities Indonesia.  (her)

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS