Sukuk Berkelanjutan ADMF Ditegaskan idAAA(sy)


Pefindo Menegaskan peringkat Sukuk Berkelanjutan I/2013 dan Sukuk Berkelanjutan II/2015 milik PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) senilai maksimum Rp1 triliun di "idAAA(sy). Selain itu, Pefindo juga menegaskan peringkat Obligasi Berkelanjutan I/2011 Obligasi Berkelanjutan II/2013 dan Obligasi Berkelanjutan III/2015 senilai maksimum Rp8 triliun di "idAAA".

Obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan Pefindo. Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka pajangnya, relatif terhadap obligor lainnnya adalah superior.

"Peringkat mencerminkan sinergi yang sangat kuat dan hubungan saling menguntungkan antara ADMF dan induk perusahaan, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN/idAAA prospek stabil pangsa pasar perusahaan yang sangat kuat di industri pembiayaan kendaraan bermotor dan portofolio bisnis yang terdiversifikasi dengan baik. namun peringkat tersebut dibatasi oleh tekanan pada kualitas aset dan profitabilitas" jelas analis Pefindo Adrian Noer dan Danan Dito .

Peringkat dapat ditunkan jika terdapat penurunan yang material dan berkelanjutan pada kualitas aset dan profitabilitas pereusahaan. selain itu peringkat dapat diturunkan jika terdapat bukti material terkai penurunan dukungan dari induk perusahaan.

Didirikan pada tahun 1990, ADMF merupakan salah satu perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor terbesar di Indonesia. ADMF menyediakan layanan pembiayaan kendaraan bermotor baru maupun bekas, untuk mobil maupun sepeda motor, serta barang rumah tangga (durables).

Pada 30 September 2016, ADMF memiliki 21.355 karyawan untuk melayani nasabah melalui 526 jaringan pelayanan bisnisnya yang terdiri dari 201 kantor cabang dan sisanya jaringan yang lebih kecil yang terletak di kota-kota besar di Indonesia.

Per 30 September 2016, sebanyak 92,1% saham ADMF dimiliki oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk. dan 7,9% dimiliki oleh publik (termasuk 0,4% dimiliki oleh Asuransi Adira Dinamika). (her)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS