TICMI Selenggarakan Pelatihan Ahli Syariah Pasar Modal

The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) mengumumkan penyelenggaraan pelatihan ASPM Batch II , dengan jumlah peserta ASPM Batch II sebanyak 37 orang peserta. Peserta ASPM Batch II berasal dari berbagai kalangan, diantaranya tenaga profesional, akademisi, hingga media.

Seperti diketahui, pasar modal syariah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan.  Di 2016, jumlah investor pasar modal syariah pun terus mengalami peningkatan, dengan total sejumlah 10.500 investor.  Padahal pada 2013 berjumlah 803 investor. 2014, 2705 investor. 2015, 4908 investor

Sementara itu, minat para investor tercermin dalam jumlah efek syariah yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, yang telah mencapai 311 saham syariah, 44 seri sukuk korporasi,  26 seri sukuk negara syariah, dan 1 ETF syariah
 
Direktur Utama TICMI Mety Yusantiati, mengatakan Peraturan OJK (POJK) No. 16/POJK.04/2015 tanggal 10 November 2015 mengenai ASPM mewajibkan setiap orang maupun badan usaha yang bertindak sebagai Dewan Pengawas Syariah maupun Tim Ahli Syariah untuk memiliki izin ASPM. 

Selain harus memiliki pengetahuan yang memadai di bidang syariah muamalah, pemegang izin ASPM juga harus memiliki pengetahuan yang memadai di bidang pasar modal. “Dengan semakin meningkatnya jumlah pemegang izin ASPM, kami yakin tingkat kepercayaan investor akan semakin meningkat dan pasar modal syariah di Indonesia pun akan semakin berkembang,” ujar Mety.

Dengan diterbitkannya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 16/POJK.04/2015 pada 10 November 2015 yang mengatur tentang Ahli Syariah Pasar Modal, maka TICMI akan terus mencetak lulusan ASPM agar dapat mengembangkan industri pasar modal syariah di Indonesia.

Pada kesempatan ini pula, salah satu perwakilan dari peserta beasiswa ASPM menyampaikan ,“Harapan saya mengikuti seleksi ASPM, agar ilmu yang saya peroleh selama pelatihan dapat bermanfaat untuk Pasar Modal Syariah. Saya sangat bersyukur dan senang sekali dapat mengikuti ASPM Batch II ditahun ini” ujarnya. (her)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS