BRISyariah Biayai Pengadaan Bus Transjakarta

Dari kiri ke kanan :Notaris Erny kencanawati SH, Direktur PT Mayasari Bakti Asep Eris Mahpud, Direktur Finance PT. United Tractor Iwan Hadiantoro, Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta Budi Kaliwono, General Manager PT. Hino Motor Sales Indonesia Irwan D Sutanto, Komisaris Utama PT. Mayasari Bakti H. Azies Riesmaya Mahpud, Direktur Utama PT. Mayasari Bakti Ir. H. Ade Ruhyana, Direktur Utama PT Bank BRISyariah Moch. Hadi Santoso, Direktur Bisnis Ritel & Komersial PT Bank BRISyariah Indra Praseno, Commercial Banking Group Head PT Bank BRISyariah Hilman Purakusumah, Kabag Keuangan PT Mayasari Bakti Andy Oetario dan Notaris Firdonal menyaksikan penandatanganan Akad Pembiayaan Investasi dan Bank Garansi untuk Pengadaan Armada Bus Transjakarta pada Rabu, 16 Maret 2016 di Kantor Pusat PT. Bank BRISyariah Jl. Abdul Muis No. 2-4 Jakarta Pusat.(istimewa)

PT Bank BRISyariah bersama PT. Mayasari Bakti melakukan penandatanganan akad pemberian fasilitas pembiayaan. Perjanjian pembiayaan ini ditandatangani oleh Direktur Bisnis Ritel & Komersial PT Bank BRISyariah Indra Praseno dan Ade Ruhyana selaku Direktur Utama PT Mayasari Bakti didampingi oleh Direktur Utama PT Bank BRISyariah Moch Hadi Santoso dan Komisaris Utama PT Mayasari Bakti H Azies Riesmaya Mahpud di Kantor Pusat PT Bank BRISyariah Jalan Abdul Muis No. 2-4 Jakarta Pusat pada Rabu, 16 Maret 2016.

Acara ini juga dihadiri dan disaksikan oleh Direktur PT Mayasari Bakti Asep Eris Mahpud, Direktur Finance PT United Tractor Iwan Hadiantoro (selaku ATPM Articulated bus SCANIA), Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono (Operator Bus Transjakarta), General Manager PT Hino Motor Sales Indonesia Irwan D Sutanto serta pihak notaris dan Legal PT Bank BRISyariah.

Akad pembiayaan ini dilakukan dalam rangka memfasilitasi pembiayaan investasi pengadaan armada bus PT Transportasi Jakarta dan fasilitas Bank Garansi dengan plafond total sebesar Rp390 miliar. Pihak PT Trans Jakarta mengatakan saat ini masih mengalami kekurangan 2.000 unit armada bus setara bus gandeng (articulated bus) untuk melayani penumpang. Upaya pengadaan pun dilakukan baik dengan pembelian sendiri oleh PT Trans Jakarta maupun bekerjasama dengan pihak lain, saat ini yaitu dengan PT Mayasari Bakti yang didukung  fasilitas pembiayaannya oleh PT Bank BRISyariah.

Commercial Banking Group Head PT Bank BRISyariah Hilman Purakusumah mengatakan kekuatan dan opportunity bisnis yang besar pada sektor ini disertai keyakinan kepada PT Mayasari Bakti yang memiliki jaringan usaha kuat dan telah terbangunnya kerjasama yang erat antara PT Transportasi Jakarta, PT United Tractor dan PT Hino Motor Sales Indonesia dengan PT Mayasari Bakti merupakan faktor penting bagi BRISyariah untuk turut mendukung pengadaan bus Transjakarta tersebut.

Bagi PT Bank Brisyariah pembiayaan di sektor transportasi ini semakin meningkatkan exposure pembiayaan Komersial PT Bank BRISyariah di tahun 2016. Sedangkan bagi PT Mayasari Bakti selaku salah satu perusahaan transportasi terbesar, fasilitas pembiayaan tersebut akan meningkatkan kinerja bisnis dan meningkatkan reputasi PT Mayasari Bakti di mata publik dan manajemen PT Transportasi Jakarta.


Direktur Utama PT Mayasari Bakti mengapresiasi dan menanggapi bahwa pembiayaan ini menjadi langkah awal bagi kedua belah pihak dalam mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan di masa depan.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono yang turut hadir menyaksikan akad pembiayaan tersebut mengatakan bahwa PT Mayasari Bakti yang berdiri sejak 1960 dikenal oleh PT Transportasi Jakarta sebagai perusahaan transportasi swasta yang bereputasi baik dalam keterlibatannya pada penyediaan dan sebagai operator armada PT Transportasi Jakarta. PT Transportasi Jakarta yang diamanati oleh Pemda DKI untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi publik dan harus menyediakan tambahan armada sangat terbantu dengan peran serta PT Mayasari Bakti yang didukung pendanaannya oleh PT Bank BRISyariah.

Seperti diketahui saham PT Bank BRISyariah 99,9% dimiliki oleh PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk. PT Bank BRISyariah dilahirkan dan dibesarkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk maka PT Bank BRISyariah kedepannya ingin besar seperti induk yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Pesero Tbk. Aset PT Bank BRISyariah saat ini Rp24,3 triliun dengan berbagai upaya yang telah disalurkan. PT Bank BRISyariah pun telah ditunggu oleh pemerintah untuk menyalurkan APBN.

Di 2016 BRISyariah akan menggencarkan pembiayaan baik sektor komersil, ritel linkage, mikro dan konsumer. BRISyariah telah berhasil meningkatkan pertumbuhan aset sebesar 19,12% yaitu dari Rp 20,34 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp 24,23 triliun pada tahun 2015. Kenaikan aset sebesar Rp 3,89 triliun ini, sebagian besar berasal dari peningkatan pembiayaan yaitu sebesar Rp 968,84 miliar, surat berharga sebesar Rp 1,43 triliun dan peningkatan penempatan pada Bank Indonesia yang sebesar Rp 1,40 triliun.

Jumlah penyaluran pembiayaan meningkat 6,17% yaitu dari Rp 15,69 triliun pada 2014 menjadi Rp 16,66 triliun di 2015. Porsi pembiayaan disalurkan kepada segmen Mikro sebesar 21,14%, Konsumer sebesar 21,40%, Ritel sebesar 12,37%, Linkage sebesar 14,80% dan segmen komersial sebesar 30,29%. (her)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS