Pefindo Turunkan Peringkat Bank Muamalat

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan  peringkat  PT  Bank  Muamalat  Indonesia  Tbk  (BBMI) menjadi A dari A+. Adapun prospek perusahaan direvisi menjadi stabil dari sebelumnya yang negatif. 

Dalam waktu yang bersamaan, Pefindo juga menurunkan peringkat Sukuk Subordinasi Berkelanjutan Bank Muamalat I Tahun 2012 dan 2013 menjadi A-(sy) dari A(sy). Pemeringkatan tersebut berlaku 11 April 2016 hingga 1 April 2017  

Analis Pefindo Dyah Puspita Rini mengatakan penurunan peringkat disebabkan oleh pelemahan kualitas aset. Selain itu, pemulihan profitabilitas perusahaan memerlukan  cukup  waktu.  

"Kondisi makro-ekonomi yang kurang menguntungkan, penyaluran pembiayaan pada beberapa sektor yang berisiko, dan ekspansi pembiayaan yang agresif di masa lalu mengakibatkan penurunan kualitas aset Bank," ujar Dyah.  

Sementara itu, peringkat A yang disematkan bagi perusahaan mencerminkan dukungan yang kuat dari pemegang saham mayoritas dan posisi bisnis Bank yang kuat dalam  perbankan  syariah.  Akan  tetapi, peringkat tersebut dibatasi oleh profil  kualitas aset yang lemah, tingkat profitabilitas yang di bawah rata-rata, serta tingkat permodalan yang moderat.  

BBMI merupakan bank syariah terbesar kedua di Indonesia. Sebagian besar saham perusahaan dipegang oleh Islamic Development Bank atau IDB sekitar 32,7%, Boubyan Bank Kuwait sekitar 22,0%, Atwill Holdings Limited Saudi Arabia sebesar 17,9%, National Bank of Kuwait sebesar 8,5% serta beberapa badan usaha dan individu lainnya. Adapun Boubyan Bank dimiliki oleh National Bank of Kuwait. (lan)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS