MUI Bentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Penjamin Halal

Guna lebih menjamin dan menjaga kehalalan produk yang disertifikasi halal secara komprehensif, sejak dari hulu, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan Quantum Leap. Beberapa lompatan besar dan peningkatan yang signifikan dengan membentuk dan meluncurkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Penjamin Halal. Pembentukan dan peluncuran LSP ini mendapat sambutan apresiatif dan dukungan penuh dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim mengatakan, peluncuran LSP bagi personal halal yang dikhususkan bagi profesi dengan kompetensi sebagai aduditor halal dan auditor internal halal/penyelia halal perusahaan sebagai pelaksana kegiatan sertifikasi profesi di bidang halal.

Lembaga ini, jelasnya lagi, telah pula mendapat lisensi  dari BNSP, setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja. Pembentukan LSP ini juga dimaksudkan sebagai langkah kongkrit untuk menghadapi Pasar Bebas Asean, sekaligus sebagai implementasi dari amanat Undang-undang Jaminan Produk Halal (UU JPH), agar sumberdaya manusia di bidang halal teruji kompetensinya melalui sertifikasi profesi.

“Kami menyambut baik dan sangat mendukung terbentuknya LSP di bidang halal ini. LSP ini juga merupakan yang pertama di Indonesia bahkan juga di dunia yang bergerak di bidang sertifikasi personil keahlian di bidang halal,” ujar Sumarno  Aburrahman selaku Kepala BNSP dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan oleh Mulyanto, seperti yang dilansir oleh halalmui.org.

Dijelaskannya lagi, berdirinya LSP ini menunjukkan komitmen yang sangat tinggi dalam mewujudkan pengakuan kompetensi profesi bagi personil yang memiliki kompetensi di bidang halal, yang keberadaannya sudah sangat ditubuhkan dan dinantikan oleh masyarakat Indonesia.

Sedangkan Ketua Umum MUI, Ma’ruf Amin memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada LPPOM MUI. Dengan kiprah yang dilakukan, terbukti menunjukan komitmen yang tinggi dalam melindungi umat dengan produk yang terjamin kehalalannya, sesuai dengan amanah Himayatul Ummah yang diemban MUI. “Di tengah berbagai keterbatasan dan kendala yang dihadapi, LPPOM MUI terbukti banyak melakukan terobosan dan inovasi dalam melindungi umat dengan produk yang halal. Di antaranya dengan membentuk LSP bidang halal,” katanya.(her)

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS