Multi Bintang Siap Produksi Minuman Halal

Produsen minuman alkohol PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) memutuskan untuk ekspansi usaha dengan memproduksi dan memasarkan minuman halal. Perseroan akan mengadakan perjanjian ijin merek dengan dengan Premium Beverages International  BV (PBI).

Direktur Utama MLBI Chin Kean Huat, mengatakan, dengan adanya perjanjian ini, maka perseroan dapat memproduksi dan memasarkan minuman dengan merek Fayrouz. Fayrouz merupakan minuman ringan (soft drink) non alkohol yang dikembangkan di Mesir. "Telah memiliki sertifikat halal oleh Al Azhar, institusi Islam terkemuka," jelas dia dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia.

Pada saat ini, Perseroan bergerak dalam bidang industri minuman bir di Indonesia dengan nama dagang "Bintang". Dengan semakin ketatnya persaingan dalam industri minuman bir di Indonesia. Serta adanya peraturan Menteri Perdagangan yang membatasi minuman beralkohol, merupakan potensi terjadinya penurunan penjualan bagi perseroan

Minuman ringan Fayrouz ini telah dipasarkan di Mesir dan Saudi Arabia. Mengingat Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya muslim. Maka dengan memproduksi Fayrouz diharapkan dapat dipasarkan di mana saja di seluruh Indonesia. Tanpa ada pembatasan tempat penjualan. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan penjualan perseroan.

Dengan pengikatan perjanjian ini, maka terdapat kewajiban perseroan untuk membayar royalti kepada PBI. Penentuan besarnya royalti untuk perjanjian ini ditentukan secara bertahap. Yaitu untuk 2015 dan 2016 sebesar 0%. Pada 2017 sebesar 1,25%, 2018 sebesar 2,5%, 2019  3,75%. Untuk 2020 dan selanjutnya sebesar 5%. royalti ini dihitung dari total pendapatan yang diperoleh perseroan setiap tahunnya atas penjualan produk merek "Fayrouz". (her)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS