Ubah Pendekatan Pengembangan Keuangan Syariah

© 2015 Bank Syariah Mandiri. Ketua Umum Asosiasi Bank Syariah Indonesia: Yuslam Fauzi

Ketua Umum Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Yuslam Fauzi menuturkan, masyarakat Indonesia cenderung unik. Salah satu buktinya terlihat dari alasan memilih lembaga keuangan syariah yang lebih didasarkan oleh manfaat yang diterima. “Sepertinya, masyarakat Indonesia tidak suka pendekatan haram – halal,” ucap dia dalam sebuah seminar yang berlangsung di Otoritas Jasa Keuangan, Jakarta , Kamis (26/3).

Indikasi lainnya, ucap mantan Direktur Utama Bank Syariah Mandiri, terlihat saat dikeluarkannya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengharamkan bunga bank. Pada saat itu, peralihan dana pihak ketiga yang pindah ke bank syariah tidak signifikant. Itulah sebabnya diperlukan pendekatan di luar fiqh muamalah dalam mempercepat pengembangan keuangan syariah.  

Lulusan Arizona State University, USA 1992 dengan gelar Master of Business Administration di bidang Finance/Investment Banking tersebut mengaku,  diakhir kepemimpinannya di Bank Syariah Mandiri, dirinya merubah value perusahaan dengan menumbuhkembangkan beragam spirit, seperti, entrepreneurship, spirit ETHIC, spirit syariah universal dan spirit dakwah. Tujuaanya untuk membangun Indonesia yang lebih baik, agar Indonesia siap menjadi pemimpin peradaban spiritual di masa yang akan datang. (her)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS